Jumat, 26 Februari 2016

Tips terhindar dari DBD



hai sahabat di musim penghujan seperti sekarang bahaya penyakit demam berdarah atau DBD bisa menyerang kita kapan saja. Berikut tips-tips dari halosehat.com yang bisa kita lakukan untuk menghindari DBD. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati
1. Lakukan 4M (menguras, mengubur, menutup, dan memantau)
Kuraslah tempat-tempat yang dapat menampung air seperti bak mandi, ember, gentong, dan lain-lain. Mengubur barang-barang bekas yang dapat digenangi air sehingga tidak ada air yang tergenang. Tutup tempat penampungan air seperti bak mandi, ember, gentong dan tempat sampah agar tidak dimanfaatkan nyamuk untuk berkembang biak. Jika ada barang bekas dan tidak ada tempat untuk menguburnya lebih baik digunakan untuk hal lain seperti pot bunga. Selalu pantau adanya jentik-jentik nyamuk disekitar kita, jika ada langsung buang dan bersihkan.
2. Tutup lemari dan hindari menggantung pakaian
Hal ini yang sering diabaikan kebanyakan orang. Perlu kita ketahui bahwa berkembangnya nyamuk memang di genangan, namun untuk bertahan hidup nyamuk biasa bersembunyi di tempat-tempat yang tidak kita sadari. Menutup lemari dan menghindari menggantung pakaian ini untuk mengurangi habitat nyamuk, karena nyamuk suka sekali bersembunyi di pakaian yang menggantung saat kita membersihkan ruangan atau menyemprotkan obat anti nyamuk.
Oleh karena itu, jika kita melakukan penyemprotan sebaiknya pastikan tidak ada kesempatan bagi nyamuk untuk bersembunyi salah satunya membereskan pakaian yang tergantung.
3. Tanam tanaman anti nyamuk
Cara mencegah demam berdarah selanjutnya adalah dengan tanaman. Nyamuk diantaranya sangat sensitif dengan aroma tanaman-tanaman tertentu. Padahal menurut kita aroma tanaman tersebut wangi namun tidak bagi nyamuk. Jika kita amatipun banyak produk-produk obat anti nyamuk yang terbuat dari ekstrak tanaman-tanaman wangi. Banyak jenis tanaman anti nyamuk, seperti lavender, geranium, jeruk dan lain-lain. Selain menambah keindahan rumah tapi dapat mencegah nyamuk. Tempatkanlah tanaman anti nyamuk tersebut dekat pintu dan jendela rumah.
4. Jaga kekebalan tubuh
Dengan menjaga imunitas kita akan terhindar penyakit-penyakit yang menyerang. Jaga kekebalan tubuh dengan gaya hidup sehat seperti olahraga rutin, menjaga kebersihan dan menjaga pola makan. Suplemen tambahan bila perlu.
5. Semprotkan obat anti nyamuk
Dengan menyemprotkan anti nyamuk dapat membunuh nyamuk dengan cepat. Pastikan bahaya obat nyamuk baik semprot ataupun bakar tidak membuat masalah kesehatan lainnya. Residu dari anti nyamuk tersebut tidak baik untuk pernapasan, namun sekarang sudah ada lotion anti nyamuk.
6. Sinar matahari masuk ke dalam rumah
Sinar matahari banyak manfaatnya selain untuk menerangi rumah bisa juga penghilang kelembaban ruangan. Selain nyamuk yang suka tempat lembab tapi virus-virus penyakit menular lain juga suka pada ruangan lembab seperti virus tuberculosis penyebab penyakit TBC Paru salah satunya.
7. Gunakan kelambu
Kelambu atau penutup tempat tidur adalah salah satu cara paling efektif dalam mencegah demam berdarah. Anda tidak perlu khawatir dengan banyaknya nyamuk.
8. Bersihkan tempat sekitar anda
Bersihkan got di tempat sekitar rumah anda, jangan biarkan ada tumbukan daun basah, atau daerah basah lainnya. Karena hal ini adalah penyebab nyamuk demam berdarah berkembang biak.
9. Hindari bermain di luar rumah menjelang malam
Menjelang malam adalah fase dimana nyamuk mulai bergentayangan mencari makan, jika anda sering keluar di malam hari, harap pertimbangkan.
Sekian J semoga bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar